Definisi ,manfaat,dan resiko END USER COMPUTING ( EUC )

Hallo para pembaca.. Di artikel kali ini saya membahas sedikit tentang END USER COMPUTING,selamat membacaa ..



END USER COMPUTING ( EUC )


A. Definisi EUC
End User Computing (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh user. Pada akhir 1970-an dimulai suatu kecenderungan dengan meningkatnya minat user dalam mengembangkan aplikasi komputer mereka sendiri, yang dikenal dengan End User Computing (EUC).
B. Alasan Berkembangnya EUC
EUC berkembang karena 4 alasan, antara lain :
1. Meningkatnya pengetahuan tentang komputer.
2. Antrian jasa informasi.
3. Adanya perangkat keras yang murah.
4. Adanya perangkat lunak jadi.

1. Meningkatnya Pengetahuan Tentang Komputer
a) Sejak awal 1980-an, dampak dari program-program pendidikan komputer di tingkat sekolah dan perguruan tinggi sangat terasa.
b) Akibat semakin banyaknya lulusan pendidikan yang memiliki pengetahuan komputer, maka dalam berbagai tingkat manajemen perusahaanperusahaan, terutama di tingkat bawah, mulai diisi oleh orang-orang yang menguasai komputer dengan baik.

2. Antrian Jasa Informasi
a) Dengan semakin mudahnya informasi didapat, maka semakin banyak pula informasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, terutama dalam bidang manajemen untuk pengambilan keputusan.
b) Unit jasa informasi tidak dapat menanggapi cukup cepat, dan terjadi timbunan pekerjaan yang menunggu untuk diolah oleh komputer.

3. Adanya Perangkat Keras Yang Murah
a) Dewasa ini, perangkat keras komputer bukan lagi barang mewah yang susah didapat.
b) Dengan semakin berkembangnya teknologi komputer, maka biaya produksi perangkat keras komputer pun menjadi semakin murah.
4. Adanya Perangkat Lunak Jadi
a) Dengan semakin banyaknya orang yang memiliki pengetahuan mengenai komputer, maka tidak menutup kemungkinan semakin banyak perangkat lunak yang dapat mereka hasilkan.
b) Terlebih lagi dengan era OPEN SOURCE sekarang ini, dimana semua orang bebas mengembangkan sendiri perangkat lunak tanpa harus dikenai biaya sedikit-pun alias gratis.

C. Tingkatan End User Computing
Pemakai akhir dapat dikelompokkan menjadi empat golongan berdasarkan kemampuan komputer mereka, yaitu :

1. End User Tingkat Menu  - user berinteraksi  dengan software yang sudah jadi.
2. End User Akhir Tingkat Perintah - User tidak hanya menggunakan perangkat lunak jadi tetapi juga dapat menggunakan bahasa perintah dari perangkat lunak yang digunakan. Contoh ; menggunakan perintah-perintah seperti SUM, AVG, dll, dalam Ms Excel.
3. End User Tingkat  Programmer - User menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, Visual Basic, Java, dll, serta mengembangkan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan.
4. End User Pendukung Fungsional - Merupakan personil yang men-support area pemakai tertentu dalam menjalankan aktivitas bisnis dan melaporkan kegiatan pada manajer unit bisnis.

D. Manfaat End User Computing
1. Menyeimbangkan Kemampuan dan Tantangan - Pemindahan beban kerja pengembangan sistem ke pemakai membuat para spesialis informasi dapat berkonsentrasi pada sistem yang kompleks.
2. Mengurangi Kesenjangan Komunikasi - Kesulitan komunikasi antara pemakai dan spesialis informasi mengganggu proses pengembangan sistem. Dengan membiarkan pemakai mengembangkan aplikasi mereka , maka kesenjangan komunikasi tidak terjadi lagi

E. Resiko End-User Computing
1. Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya
2. Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
3. Hilangnya integritas data
4. Hilangnya keamanan
5. Hilangnya pengendalian

F. Faktor yang mendorong End User Computing (EUC):
1. Meningkatnya pengetahuan tentang komputer (knowledge)
2. Timbulnya pelayanan informasi
3. Perangkat keras yang murah
4. Perangkat lunak yang siap pakai

Referensi : http://blograkata.blogspot.com/2012/03/pengertian-end-user-computing-euc.html
          http://www.sistem-informasi.xyz/2017/04/pengertian-end-user-computing-euc.html
          Slide Materi SIM pertemuan 2


Komentar

Postingan Populer