KONSEP BASIS DATA DALAM SISTEM INFORMASI

KONSEP BASIS DATA DALAM SISTEM INFORMASI



A. Definisi Basis,Data,dan Basis Data
Basis         :  Dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempat bersarang atau berkumpul.
Data          :  Representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya.
Basis Data : Kumpulan file / table yang saling berelasi (berhubungan)  yang disimpan dalam
media penyimpanan eletronik, atau koleksi terpadu dari data yang saling berkaitan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi suatu enterprise (dunia usaha).
B. Hirarki Data
1) Kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang atribut / field sama, namun berbeda isi datanya.
2) Rekaman / Record / Baris adalah  gabungan sejumlah  elemen data yang saling terkait.
3) Elemen Data / Field / Atribut adalah satuan data terkecil yang  tidak  dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna.

C. SISTEM BASIS DATA
Sistem basis data dapat diartikan sebagai kumpulan file / table yang saling berhubungan (dalam sebuah basis data di sebuah sistem komputer), dan sekumpulan program (DBMS / Database Management System) yang memungkinkan beberapa user (pemakai), dan / atau program lain untuk mengakses dan memanipulasi file (table) tersebut.
D. Komponen DBMS
1) Perangkat keras ( hardware )
2) Sistem operasi ( operating system)
3) Basis data ( database )
4) Sistem (aplikasi/perangkat lunak) pengelola basis data ( DBMS )
5) Pemakai ( user )
6) Aplikasi (perangkat lunak) lain (bersifat optional)

E. DATABASE MANAJEMEN SISTEM
DBMS adalah koleksi terpadu dari program-program ( sistem perangkat lunak) yang digunakan untuk mendefinisikan, menciptakan, mengakses dan merawat database (basis data). Tujuannya adalah menyediakan lingkungan yang mudah dan aman untuk penggunaan dan perawatan database. Contoh daripada DBMS adalah Ms-Access, MS Sql Server dan Oracle

F. Pengguna (user) basis data meliputi:
a) Database Administrator, yaitu pengguna yang memiliki kewenangan sebagai pusat pengendali seluruh sistem baik basis data maupun program-program yang mengaksesnya, menentukan pola struktur basis data, memodifikasi, membagi tugas pengolahan dan memberikan orientasi tertentu, dan sebagainya.
b) Aplication Programmers, yaitu programmer aplikasi yang berinteraksi dengan sistem melalui pemanggilan Data Manipulation Language (DML) yang dimasukkan ke dalam program yang tulis.
c) Sophisticated Users, yaitu pengguna yang berintraksi dengan sistem tapa harus menuliskan sendiri programnya, tetapi diganti dengan melakukan permintaan (request) dalam bentuk bahasa query basis data. Seperti menggunakan MS-Accsess, SQL, dan sebagainya.
d) Specialized Users, yaitu pengguna yang menuliskan program aplikasi basis data khusus yang tidak sesuai dengan framework pemrosesan data tradisional. Contoh: sistem pakar, multimedia, dan sebagainya.
e) Naive Users, yaitu kebanyakan pengguna yang berintraksi dengan sistem dengan cara memanggil salah satu program aplikasi yang telah disediakan. Contoh: operator pada bagian teller, personalia, dan sebagainya.

Sumber Referensi : Materi Slide Pertemuan 5
 https://dharaulfaawaliyah.wordpress.com/2017/10/19/konsep-basis-data-dalam-sistem-informasi/
https://aditiays.wordpress.com/2017/10/21/konsep-basis-data-dalam-sistem-informasi/
https://www.pro.co.id/pengertian-dan-konsep-sistem-basis-data/

Komentar

Postingan Populer