Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI
















Kelompok 9

Ketua : - Ulfa Khunafi 2017330035
Anggota : - Lilis Herliana 2017330020
                 - Faris Faza Ramadhan 2017330022





MANAJEMEN INFORMATIKA
STMIK BINA INSANI
BEKASI 2017


Cari informasi tentang perangkat atau komponen-komponen TIK. Contoh-contoh hardware, software, dan brainware!

Jawab:
Menurut Puskur Diknas Indonesia, Teknologi Informasi Dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.

  • Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
  • Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

komponen-komponen TIK :
Perangkat Keras (Hardware)
Merupakan perangkat keras/perangkat fisik dari komputer. Perangkat ini mempunyai tugas tertentu dalam membangun sebuah sistem kerja komputer.
Ciri-ciri dari hardware adalah terlihat/nampak fisiknya berupa barang, sehingga bisa dipegang.
Komponen utama perangkat keras sistem komputer :
Input (Unit masukan) berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data/perintah ke dalam komputer. Contoh : Keyboard, Mouse, Joystick, Track Ball, Digitizer, Kamera, Mic (microphone), Scanner, dll.
Prosesing (Unit Pusat Pengolah) : merupakan otak sistem komputer. Terdiri atas komponen aritmatika dan logika (Arithmatic and Logical Unit), Unit Kontrol (Control Unit / CU) dan Main Memory. Contoh: CPU, Motherboard, Processor, RAM, ROM, VGA Card, LAN, Harddisk, Floppy Disk, CD ROM, ROM, Power Supply.
Output (Unit Keluaran) : berfungsi untuk menampilkan/mencetak keluaran sebagai hasil pengolah data. Contoh : Printer, Monitor, Speaker, LCD Proyektor, dll.

Komponen pendukung perangkat keras sistem komputer :
I/O ports : digunakan untuk menerima atau mengirim data keluar sistem. Dihubungkan melalui I/O ports.
Data Bus : merupakan jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer.
Address Bus : digunakan untuk memberikan tanda lokasi sumber ataupun tujuan dalam proses transfer data.
Control Bus : Digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan address bus.

Perangkat Lunak (Software)
Adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Berikut ini jenis-jenis perangkat lunak lengkap dengan contoh, fungsi, dan penjelasannya :
Perangkat Lunak Aplikasi (Software Application)
Merupakan suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melaksanakan sebuah tugas yang di instruksikan pengguna. Contoh umum perangkat lunak aplikasi ialah pengolah kata seperti Microsoft Office dan OpenOffice.org serta pemutar media seperti Windows Media Player, Winamp dan GOM Player.
Perkakas Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development Tool)
Adalah salah satu jenis perangkat lunak (software) yang digunakan untuk membuat, mendebug, maintain (merawat / memelihara) dan mengembangkan perangkat lunak lainnya. seperti Kompiler untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
Sistem operasi (Operating System)
Adalah perangkat lunak komputer (software) yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak lain seperti program-program pengolah kata yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Contoh sistem operasi modern adalah Windows, Linux, iOS, Android dan Mac OS X.
Pengendali Perangkat Keras (Device Driver)
Device driver dapat dikatakan sebagai penghubung antara perangkat perangkat keras dan komputer, misalnya menghubugkan penggunakan barcode scanner pada aplikasi database nya, contoh aplikasi yang dipake di swalayan.
Perangkat Lunak Menetap (Firmware)
Adalah istilah yang mengacu kepada perangkat lunak yang disimpan di dalam Memori Hanya Baca. Tidak seperti Memori Akses Acak, Memori Hanya Baca tidak akan dapat berubah meski tidak dialiri listrik. ROM BIOS merupakan contoh perangkat lunak menetap yang berada pada motherboard sebuah komputer. contoh firmware juga seperti yang dipasang dalam jam tangan digital.
Perangkat Lunak Bebas (Free 'Libre' Software / Free Software)
Mengacu pada software yang bebas untuk dipakai, dipelajari dan dimodifikasi serta bisa disalin dengan / tanpa modifikasi, atau dengan beberapa ketentuan untuk memastikan bahwa kebebasan serupa juga bisa dinikmati oleh pengguna selanjutnya.
Contoh perangkat lunak bebas yang dikenal secara internasional adalah : Dalam kategori Sistem operasi misalnya GNU/Linux, Darwin, BSD, Ubuntu, Debian, dan OpenSolaris. Dalam kategori Pemutar Media misalnya VLC, Rhythmbox dan Amarok.


Perangkat Lunak Sumber Terbuka (Open Source Software)
Adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, dimodifikasi, ditingkatkan dan disebarluaskan.
Perangkat Lunak Uji Coba (Shareware / Trialware)
Perangkat lunak uji coba mengacu kepada perangkat lunak berpemilik yang disediakan untuk pengguna tanpa membayar secara uji coba dan sering di batasi oleh koombinasi dari fungsi, ketersedian, atau kenyamanan.
Perangkat Lunak Gratis (Freeware)
Merupakan perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan untuk selamanya, berbeda dari shareware (perangkat lunak uji coba) yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu 1 bulan atau untuk memperoleh fitur tambahan)
Perangkat Lunak Perusak (Malware)
Adalah perangkat lunak yang dibuat untuk merusak atau menyusup ke sistem komputer atau jejaring komputer tanpa izin dari pemilik sah.
Brainware
Adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Atau bisa dikatakan juga orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka komputer tidak akan dapat dijalankan.
Brainware dibagi menjadi beberapa macam :
Operator : Orang yang tugasnya melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan lain-lain.
Programmer : Orang yang menguasai bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
Administrator : Orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. dan Masih banyak lagi.

Perbedaan perangkat-perangkat TIK dari jaman ke jaman dan dampak perkembangan perangkat TIK.
Jawab :
Peralatan Komunikasi
Peralatan Komunikasi dibagi menjadi Peralatan komunikasi Tradisinonal dan Peralatan Komunikasi Modern :
Peralatan komunikasi (Tradisional)
Kentongan
Pada jaman kerajaan, kentongan digunakan bertujuan untuk mengumpulkan warga bila hendak ada pemberitahuan atau pesan dari raja untuk rakyatnya.
Lonceng
Lonceng adalah suatu peralatan sejenis logam yang digunakan sebagai semacam bel yang dibunyikan untuk menentukan waktu atau memberitahukan sesuatu.
Bedug
Bedug adalah alat musik tabuh seperti gendang yang merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu.
Asap
Asap biasa digunakan untuk mengirimkan suatu pesan rahasia atau peringatan pada sesama sukunya ataupun suku lawan.


Peralatan Komunikasi (Modern)
Telegraf
Telegraf merupakan alat komunikasi sebuah mesin untuk mengirim dan menerima pesan pada jarak jauh.
Telepon
Telepon digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara.
Faksimile
Faksimile atau fax adalah alat yang mampu mengirimkan dokumen melalui jaringan telepon dengan hasil cetakan yang sama persis dengan aslinya.
Radio
Radio adalah alat yang dapat menerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.
Televisi
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh.
Telepon Seluler / Handphone
Perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line konvensional (telepon rumah) yang portabel, mobile dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.
Komputer dan Internet
Komputer digunakan untuk mengolah, mengelola, dan menyimpan data / informasi, sedangkan Intemet digunakan sebagai sarana sumber informasi dan alat untuk menukarkan dan saling berkirim informasi.



Penggunaan
Cara menggunakan sarana komunikasi masa kini jauh lebih mudah, lebih praktis, dan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan alat komunikasi masa lalu. Alat komunikasi masa lalu lebih menekankan pada cara manual dan sederhana.
Jangkauan
Jangkauan komunikasi adalah jarak terjauh yang mampu menghubungkan pihak yang berkomunikasi.
Dampak perkembangan perangkat TIK :
1.    Dampak Positif
Informasi yang disampaikan lebih up to date dan akurat karena prosesnya cepat.
Komunikasi jarak jauh menjadi sangat cepat dan praktis.
Menyediakan informasi umum yang dapat menambah wawasan.
Dapat menghemat biaya dan tenaga yang dikeluarkan bila dibandingkan dengan bertukarinformasi melalui pos surat.
Dapat menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dibantu perangkat yang semakin berkembang dan praktis.
Munculnya berbagai jenis jejaring sosial dari adanya teknologi informasi.
Dapat dengan mudah mencari informasi tentang suatu hal melalui interneth.    Kita juga dimungkinkan untuk berbelanja melalui internet.
Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penjualan.



2.    Dampak Negatif
Munculnya kejahatan baru, misalnya penipuan dengan cara memanipulasi data pada rekening bank, pencurian informasi berharga melalui sabotase jaringan informasi, virus komputer, penyadapan email, dan lain-lain.
Pelanggaran terhadap hak-hak privasi.
Pembajakan lagu dan film.
Penyebaran hal-hal mengenai pornografi semakin cepat.
Munculnya budaya plagiatisme.
Dengan mudahnya informasi dicetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya.
Dengan semakin mudah berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros.
Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung.
Dari perubahan sifat sosialtersebut mengakibatkan pola perubahan pada interaksi.
Meluasnya perjudian.









Sumber yang didapat:

No. 1
http://aghiesna.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-macam-komponen-dan-peranan.html
http://www.materidosen.com/2016/12/pengertian-fungsi-dan-contoh-perangkat.html
https://androidcara.web.id/2016/11/pengertian-hardware-software-brainware-dan-contohnya.html

No. 2
http://vnawaliaaa.blogdetik.com/2014/03/02/peralatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-kuno-dan-modern
http://www.tugassekolah.com/2016/01/perbandingan-teknologi-komunikasi-masa-lalu-dan-masa-kini.html

Komentar

Postingan Populer