Tugas Jaringan Komputer


Assalamualaikum Para pembacaaa, kali ini saya mem post tentang Tugas tentang jaringan komputer yang di berikan oleh dosen saya ,selamat membacaa . . .

Soal :

1. Jelaskan secara singkat sejarah jaringan komputer ?
2. Program apa yang menjadi populer dan digunakan hingga saat ini pada riset ARPANET, mengapa, coba jelaskan  ..?
3. Jelas keterkaitan antara jaringan komputer dengan internet?
4 Berikan masing-masing contoh jaringan berdasarkan klasifikasinya dalam dunia nyata.

Jawab :

1. Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang di gagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium bell dan group riset universitas Harvard yang di pimpin profesor Howard Aiken. Di tahun 1950 jenis komputer mulai berkembang ,tetapi hanya di beberapa tempat yang tersedia (terminal),untuk itu ditemukan konsep distribusi berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TTS (time sharing system). Maka untuk pertama kali nya bentuk jaringan (network) komputer di aplikasikan.

2. Program Internet, awal mula internet digunakan untuk tujuan militer untuk mengatasi masalah jika terjadinya serangan nuklir dan untuk mencegah terjadinya informasi terpusat yang apabila terjadi perang  dapat mudah dihancurkan,oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer , dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer. Kedua jaringan tersebut digabungkan dan dikenal dengan nama DARPA internet , kemudian di sederhanakan menjadi internet.

3. Adanya Internet karena Internet mempermudah proses pertukaran dokumen ,data melalui jaringan komputer . Internet menjadi semakin canggih karena teknologi Komputer selalu meningkat. Tidak ada internet jika tidak ada Komputer.

4. - LAN (Local Area Network) : Lan ini memiliki jangkauan yang kecil dan tipe jaringan yang masih sederhana. Penggunaannya biasa di gunakan pada sebuah ruangan,sekolah,rumah dan warnet.
   - MAN (Metropolitan Area Network) : Man merupakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN yang tersambung membentuk ruang lingkup besar hanya di satu ruangan.Jenis jaringan ini biasanya digunakan oleh para perusahaan besar untuk bisa tersambung dengan cabang perusahaannya yang letaknya cukup jauh
   - WAN (Wide Area Network) : Jaringan ini adalah jaringan yang paling luas ruang lingkupnya,ruang lingkupnya bisa sampai 1 negara ,benua bahkan 1 dunia dan internet pun juga termasuk dalam jaringan ini. Jaringan ini biasa digunakan oleh perusahaan yang memiliki cabang di negara yang berbeda.

Ya sekiann blog yang saya post tentang Jaringan komputer ,semoga bermanfaat dan menambah wawasan kaliann :))

Komentar

Postingan Populer